Sequential Search


ada beberapa banyak metode yang digunakan dalam proses searching antara lain Binary Search dan juga sequential Search....
Kali ini saya akan mnshare kepada kita semua bagaimana membuat program searching menggunakan metode Sequential Search menggunakan bahasa pemrograman Java. Berikut adalah ssource code dari program tersebut : 

package prak_mod3;
import java.util.Scanner;

public class sequential_no2 {
    public static void main(String[] args){
        Scanner in = new Scanner(System.in);
        System.out.print("Masukkan banyak data : ");
        int n = in.nextInt();
        int isi[] = new int[n];
        //input data
        for(int i=1;i<=n;i++){
            System.out.print("data ke-"+i+" : ");
            isi[i-1] = in.nextInt();
        }
        System.out.print("Data yang dicari = ");
        int search = in.nextInt();
        //proses pencarian
        int x=0;
        for(int j=1;j<=n;j++){
            if(isi[j-1]==search){

Metodologi Pengembangan Perangkat Lunak


1.1. Latar Belakang
Pada pertengahan tahun 60 sampai 70-an banyak dikembangkan sistem-sistem perangkat lunak yang besar. Sistem-sistem yang dikembangkan ini banyak yang dipandang tidak efisien, kurang berhasil, bahkan banyak yang gagal. Kegagalan ini disebabkan karena tidak tersedianya teknik pengembangan perangkat lunak yang baik. Pada awal tahun 70-an mulai muncul metodologi-metodologi pengembangan perangkat lunak yang cukup baik.
Pengembangan perangkat lunak dapat diartikan sebagai proses membuat suatu perangkat lunak baru untuk menggantikan perangkat lunak lama secara keseluruhan atau memperbaiki perangkat lunak yang telah ada. Agar lebih cepat dan tepat dalam mendeskripsikan solusi dan mengembangkan perangkat lunak, juga hasilnya mudah dikembangkan dan dipelihara, maka pengembangan perangkat lunak memerlukan suatu metodologi khusus. Metodologi pengembangan perangkat lunak adalah suatu proses pengorganisasian kumpulan metode dan konvensi notasi yang telah didefinisikan untuk mengembangkan perangkat lunak. Secara prinsip bertujuan untuk membantu menghasilkan perangkat lunak yang berkualitas. Penggunaan suatu metodologi sesuai dengan persoalan yang akan dipecahkan dan memenuhi kebutuhan pengguna akan menghasilkan suatu produk perekayasaan yang berkualitas dan terpelihara serta dapat menghindari masalah-masalah yang sering terjadi seperti estimasi penjadwalan dan biaya, perangkat lunak yang tidak sesuai dengan keinginan pengguna dan sebagainya.
Metodologi pengembangan perangkat lunak (atau disebut juga model proses atau paradigma rekayasa perangkat lunak) adalah suatu strategi pengembangan yang memadukan proses, metode, dan perangkat (tools).
Menurut Pressman (1997) Komponen metodologi pengembangan perangkat lunak dapat dibagi dalam tiga unit, yaitu :
  1. Metode, yaitu suatu cara atau teknik pendekatan yang sistematik yang dipergunakan untuk mengembangkan perangkat lunak. Metode ini mencakup : Perencanaan proyek dan perkiraan, analisis keperluan sistem dan perangkat lunak, perancangan struktur data, arsitektur program, prosedur algoritma, Coding, uji coba dan pemeliharaan.
  2. Alat bantu (Tools), yaitu alat-alat (manual atau otomatis) yang mendukung pengembangan perangkat lunak. Terdapat 2 alat Bantu yang dapat digunakan yaitu : alat Bantu manual dan alat Bantu otomatis.
  3. Prosedur, yang dipergunakan untuk mendefinisikan urut-urutan pekerjaan (daur) dari metode dan alat bantu tersebut.

Program Pecah Kata (Netbeans)

Waahhh ternyata sudah lama nee saya gak posting sesuatu di blog ini....
mumpung ada waktu, saya sekarang akan share bagaimana membuat program pemecah kata menggunakan Java Netbeans tentunya dengan interfacenya..
:) berikut tampilan awal dari interfacenya :
Nah untuk komponen - komponen yang saya gunakan antara lain : 
Komponen Swing Controls
Name
Variable Name
JLabel1
Program Pemecah Kata
-
JLabel2
Sistem Temu Kembali Informasi (B)
-
JLabel3
Kalimat :
-
JTextArea
-
AreaInput
JButton1
Proses
btnProses
JButton2
Reset
btnReset
JTable1
Kata
TabelOut
Varible name bisa di ubah sesuai dengan keinginan anda sendiri, dan akan melakukan sedikit perubahan pada source code...