CSCW (Computer Support Cooperative Work)


Pengertian
Computer - Supported Cooperative Work (CSCW) adalah bidang studi yang berfokus pada perancangan dan evaluasi teknologi baru untuk mendukung proses sosial kerja, sering di antara mitra yang berjauhan.Hasil dari Computer -Supported Cooperative Work (CSCW) biasanya disebut dengan Groupware.
Groupware adalah jenis software yang membantu kelompok kerja (workgroup) yang terhubung ke jaringan untuk mengelola aktivitas mereka.

Tujuan dari Computer - Support Cooperative Work (CSCW)

Adapun beberapa tujuan dari adanya Computer - Supported Cooperative Work (CSCW) adalah sebagai berikut :
  • Kemitraan terfokus: kerja sama antara dua pemakai yang saling membutuhkan untuk menyelesaikan tugas.
  • Kuliah atau demo. Seseorang membagikan informasi kepada banyak pemakai di tempat lain. Waktunya dijadualkan.
  •   Konferensi. Komunikasi kelompok dengan tempat dan waktu yang berbeda.
  •  Proses kerja terstruktur. Orang yang peranannya berbeda bekerja sama dalam tugas yang berhubungan.
  •  Electronic commerce. Kerja sama jangka pendek untuk mencari informasi dan memesan produk, dan jangka panjang untuk perjanjian atau kontrak bisnis.
  •  Rapat dan dukungan keputusan. Rapat tatap muka menggunakan komputer dengan membuat kontribusi simultan.
  •  Teledemokrasi. Pemerintah melakukan rapat jarak jauh, menampilkan komentar dewan, mencari konsensus melalui konferensi, debat, dan pemungutan suara online.
Pengelompokan Sistem Kerja dalam Computer – Supported Cooperative Work

1.      Asinkron Tersebar
Maksudnya adalah Sistem kerja sama yang dilakukan di tempat atau waktu yang berbeda.

Ø   Email (Electronic Mail)
Sifat dari Email antara struktur terlalu bebas, terlalu membuat kewalahan, dan transien.
Tools yang dapat digunakan:
      Filtering (Message rules pada Microsoft Outlook Express).
      Archiving (menyimpan pesan lalu).
      Forwarding (meneruskan pesan).
      Mailing lists.
Dapat mengandung gambar, suara, animasi, attachments berupa file dsb.
      Dampak negatif: virus.
Membuat email menjadi universal membutuhkan:
      Peningkatan penyederhanaan.
      Peningkatan pelatihan.
      Pemfilteran yang lebih mudah.
      Hardware berbiaya murah.
      Jasa jaringan

Ø   Newsgroups dan komunitas jaringan
Adalah Diskusi elektronik terfokus oleh kelompok.
      USENET newsgroups
§  Pemakai membaca catatan sebelumnya dan menanggapi.
§  Terbuka bagi umum.
§  Dapat di-search melalui web.
      Mailing list services
§  Pemakai harus berlangganan.
§  Menggunakan email.
§  Bisa ditengahi moderator.
      Online conferences
§  Mempunyai alat bantu untuk voting, direktori online pemakai dan dokumen.
      Web discussion board
      Online newsletters
      Komunitas jaringan bisa kontroversial: hacker, teroris, kegiatan rasis.

Ø   Collaborative Authoring
Wiki
Adalah Situs web yang memungkinkan pengunjung dengan mudah menambah, menghapus, atau mengedit isi, sering kali tanpa registrasi terlebih dahulu.

2. Sinkron Tersebar
Maksudnya adalah Sistem kerja sama yang dilakukan di tempat berbeda dengan waktu yang bersamaan.
Contoh penerapannya :
Ø   Group editor: mengedit dokumen bersama. Contoh: GROVE.
Ø   Shared workspace: menulis atau menggambar bersama (whiteboard), desain bersama, membuat dokumen bersama, mendukung kerja sama tim yang fleksibel.
 Contoh: TeamRooms, SEPIA.
Ø   Shared screen: Melihat layar dan mengoperasikan sistem yang sama. Contoh: Timbuktu, PC Anywhere, Windows XP Remote Assistance.
Ø  Interactive game networks: Bermain game yang sama melalui jaringan. Contoh: StarCraft, WarCraft, Counter Strike.
Ø  Chat: Diskusi melalui antarmuka teks. Contoh: IRC, ICQ.
Ø  Video conferencing & teleconferencing: Konferensi real-time dengan kemampuan audio dan video. Contoh: NetMeeting, CU-SeeMe, Polycom DTVC products (dulu PictureTel).

3. Tatap Muka
Maksudnya adalah Sistem kerja sama yang dilakukan di tempat dan waktu yang bersamaan.
Contoh penerapannya :
Ø  Tampilan bersama dari komputer dosen: penggunaan proyektor untuk menayangkan presentasi.
Ø  Audience response units. Menjawab pertanyaan pilihan ganda dengan piranti khusus pada meja peserta.
Ø  Text-submission workstations. Bercakap-cakap menggunakan keyboard dan software sederhana.
Ø  Brainstorming, voting, and ranking. Digunakan pada electronic classroom atau meeting room. Mis. GroupSystems.
Ø  File sharing. Penggunaan komputer dalam jaringan untuk memakai file secara bersama.
Ø  Shared workspace. Ruang kerja yang sama yang dapat diakses oleh semua pemakai.
Ø  Group activities. Para pemakai dapat mengerjakan soal, dan yang butuh bantuan dapat “mengangkat tangan” untuk menampilkan tampilannya pada shared display atau pada tampilan pemimpin.





0 komentar:

Posting Komentar