Pengertian
Computer - Supported Cooperative Work (CSCW) adalah bidang studi yang berfokus pada perancangan dan evaluasi teknologi baru untuk mendukung proses sosial kerja, sering di antara mitra yang berjauhan.Hasil dari Computer -Supported Cooperative Work (CSCW) biasanya disebut dengan Groupware.
Groupware adalah jenis software yang membantu kelompok kerja (workgroup) yang terhubung ke jaringan untuk mengelola aktivitas mereka.
Computer - Supported Cooperative Work (CSCW) adalah bidang studi yang berfokus pada perancangan dan evaluasi teknologi baru untuk mendukung proses sosial kerja, sering di antara mitra yang berjauhan.Hasil dari Computer -Supported Cooperative Work (CSCW) biasanya disebut dengan Groupware.
Groupware adalah jenis software yang membantu kelompok kerja (workgroup) yang terhubung ke jaringan untuk mengelola aktivitas mereka.
Tujuan dari Computer - Support Cooperative Work (CSCW)
Adapun beberapa tujuan dari adanya Computer - Supported Cooperative Work (CSCW) adalah sebagai berikut :
- Kemitraan terfokus: kerja sama antara dua pemakai yang saling membutuhkan untuk menyelesaikan tugas.
- Kuliah atau demo. Seseorang membagikan informasi kepada banyak pemakai di tempat lain. Waktunya dijadualkan.
- Konferensi. Komunikasi kelompok dengan tempat dan waktu yang berbeda.
- Proses kerja terstruktur. Orang yang peranannya berbeda bekerja sama dalam tugas yang berhubungan.
- Electronic commerce. Kerja sama jangka pendek untuk mencari informasi dan memesan produk, dan jangka panjang untuk perjanjian atau kontrak bisnis.
- Rapat dan dukungan keputusan. Rapat tatap muka menggunakan komputer dengan membuat kontribusi simultan.
- Teledemokrasi. Pemerintah melakukan rapat jarak jauh, menampilkan komentar dewan, mencari konsensus melalui konferensi, debat, dan pemungutan suara online.
Pengelompokan
Sistem Kerja dalam Computer – Supported Cooperative Work
1.
Asinkron
Tersebar
Maksudnya
adalah Sistem kerja sama yang dilakukan di tempat atau waktu yang berbeda.
Ø Email (Electronic
Mail)
Sifat dari Email antara struktur terlalu
bebas, terlalu membuat kewalahan, dan transien.
Tools yang dapat digunakan:
• Filtering
(Message rules pada Microsoft Outlook Express).
• Archiving
(menyimpan pesan lalu).
• Forwarding
(meneruskan
pesan).
• Mailing
lists.
Dapat
mengandung gambar, suara, animasi, attachments berupa file dsb.
• Dampak
negatif: virus.
Membuat
email menjadi universal membutuhkan:
• Peningkatan
penyederhanaan.
• Peningkatan
pelatihan.
• Pemfilteran
yang lebih mudah.
• Hardware
berbiaya murah.
• Jasa
jaringan
Ø Newsgroups dan komunitas jaringan
Adalah
Diskusi elektronik terfokus oleh kelompok.
• USENET newsgroups
§ Pemakai
membaca catatan sebelumnya dan menanggapi.
§ Terbuka
bagi umum.
§ Dapat
di-search melalui web.
• Mailing list services
§ Pemakai
harus berlangganan.
§ Menggunakan
email.
§ Bisa
ditengahi moderator.
• Online conferences
§ Mempunyai
alat bantu untuk voting, direktori online pemakai dan dokumen.
• Web discussion board
• Online newsletters
• Komunitas
jaringan bisa kontroversial: hacker, teroris, kegiatan rasis.
Ø Collaborative
Authoring
Wiki
Adalah
Situs web yang memungkinkan pengunjung dengan mudah menambah, menghapus, atau
mengedit isi, sering kali tanpa registrasi terlebih dahulu.
2. Sinkron Tersebar
Maksudnya adalah Sistem kerja sama yang dilakukan di tempat berbeda dengan waktu yang bersamaan.
Contoh penerapannya :
Ø Group editor: mengedit dokumen bersama. Contoh: GROVE.
Ø Shared workspace: menulis atau menggambar bersama (whiteboard), desain bersama, membuat dokumen bersama, mendukung kerja sama tim yang fleksibel.
Contoh: TeamRooms, SEPIA.
Ø Shared screen: Melihat layar dan mengoperasikan sistem yang sama. Contoh: Timbuktu, PC Anywhere, Windows XP Remote Assistance.
Ø Interactive game networks: Bermain game yang sama melalui jaringan. Contoh: StarCraft, WarCraft, Counter Strike.
Ø Chat: Diskusi melalui antarmuka teks. Contoh: IRC, ICQ.
Ø Video conferencing & teleconferencing: Konferensi real-time dengan kemampuan audio dan video. Contoh: NetMeeting, CU-SeeMe, Polycom DTVC products (dulu PictureTel).
3. Tatap Muka
Maksudnya
adalah Sistem kerja sama yang dilakukan di tempat dan waktu yang bersamaan.
Contoh
penerapannya :
Ø Tampilan
bersama dari komputer dosen: penggunaan proyektor untuk
menayangkan presentasi.
Ø Audience response units. Menjawab pertanyaan pilihan ganda dengan piranti khusus pada meja peserta.
Ø Text-submission workstations. Bercakap-cakap menggunakan keyboard dan software sederhana.
Ø
Brainstorming,
voting, and ranking. Digunakan
pada electronic classroom atau meeting room. Mis. GroupSystems.
Ø File sharing. Penggunaan komputer dalam jaringan untuk memakai file secara bersama.
Ø Shared workspace. Ruang kerja yang sama yang dapat diakses oleh semua pemakai.
Ø Group activities. Para pemakai dapat mengerjakan soal, dan yang butuh bantuan dapat
“mengangkat tangan” untuk menampilkan tampilannya pada shared display atau pada
tampilan pemimpin.
0 komentar:
Posting Komentar