“HELP “
Ada sebagian pendapat
menyatakan bahwa system yang interaktif dijalankan tanpa membutuhkan bantuan
atau training. Hal ini mungkin ideal akan tetapi jauh dari kenyataan.
Pendekatan yang lebih membantu adalah dengan mengasumsikan bahwa user akan
membutuhkan bantuan pada suatu waktu dan merancang bantuan (help) ini ke dalam
system.
•
Ada empat jenis bantuan yang dibutuhkan user :
o Quick reference
Digunakan
sebagai pengingat untuk user dari tool yang detail yang secara dasar sangat
familiar dan biasa digunakan. Seperti menggunakan opsi perintah umum, atau
mengingatkan user akan sintaks dari perintah.
o Task-specific help
Membantu
user menghadapi masalah atau tidak pasti dalam mengambil tindakan memecahkan
masalah yang khusus atau tidak pasti dalam mengaplikasikan tool.
o Full explanation
Suatu
alat bantu atau perintah yang dapat membantu memahami secara lengkap. Penjelasan
ini mencakup informasi dimana user tidak membutuhkannya pada saat itu.
o Tutorial
Khusus
untuk user baru yang menyediakan perintah secara step by step bagaimana
menggunakan tool.
Setiap tipe pendukung
user ini dibutuhkan oleh user pada saat yang berbeda berdasarkan pengalaman
user dengan system dan memenuhi kebutuhan yang berbeda. Ada banyak informasi
yang user inginkan – definisi, contoh, kesalahan yang dikenal dan informasi
memperbaiki kesalahan, opsi perintah dan lain-lain. Beberapa diantaranya ada
yang tersedia dalam perancangan interface nya sendiri dan ada yang dimasukkan
dalam ‘bantuan’ atau system pendukung.
Perbedaan utama
antara system ‘bantuan’ dan dokumentasi adalah bahwa system ‘bantuan’
berorientasi terhadap masalah dan khusus, sedangkan dokumentasi berorientasi
terhadap system dan umum.
Kebutuhan
Pendukung User
ü
Availability
User
dapat menggunakan bantuan pada setiap waktu selama berinteraksi dengan system.
User tidak perlu keluar dari aplikasi selama bekerja untuk membuka aplikasi
bantuan. Idealnya, bantuan berjalan konkuren dengan setiap aplikasi.
ü
Accuracy
dan completeness
Bantuan
ini seharusnya menyediakan keakuratan dan kelengkapan system bantuan. Agar
refleksi akurasi tersedia pada keadaan system bantuan perlu mencakup
keseluruhan system. Kelengkapan sangat penting jika bantuan tersedia untuk
digunakan secara efektif. Perancang tidak dapat memprediksi bagian system user
yang mana yang membutuhkan bantuan.
ü
Consistency
Seperti
diketahui bahwa user membutuhkan tipe yang berbeda dari bantuan untuk digunakan
pada tujuan yang berbeda. Hal ini dapat secara tidak langsung menyebabkan
system bantuan tidak dapat bekerja. Sistem bantuan yang tersedia harus
konsisten terhadap semua system yang ada dan juga pada system itu sendiri.
Bantuan online juga harus konsisten dengan dokumentasi kertasnya, konsisten
dalam isi, terminology dan bentuk presentasi. Pendukung user internal dalam
aplikasi juga perlu konsisten terhadap system.
ü
Robustness
Sistem
bantuan ini biasanya digunakan oleh orang yang sedang dalam kesulitan karena
system mempunyai perilaku yang tidak diharapkan atau mempunyai kesalahan. Hal
ini sangat penting dimana system bantuan seharusnya robust-kuat baik dalam hal
memperbaiki kesalahan dan perilaku yang tidak diharapkan.
ü
Flexibility
System
bantuan yang fleksibel akan membuat setiap user dapat beinteraksi dalam mencari
sesuatu yang sesuai dibutuhkannya. System bantuan yang fleksibel membantu
setiap user berinteraksi sesuai dengan keinginannya. Mulai dari perancangan
system bantuan yang interaktif secara modular melalui bantuan context-sensitive
untuk membuat system bantuan yang dapat diadaptasi atau pintar yang menginfer
keahlian dan tugas user.
ü
Unobtrusiveness
System
ini seharusnya tidak mencegah user dalam melanjutkan pekerjaannya atau
terpengaruh dengan aplikasi user. Pada satu saat, system bantuan teks pada
interface yang bukan window dapat menginterupsi pekerjaan user. Untuk menghindari
ini digunakan presentasi pada layar yang terpisah. Pada saat yang lain, system
bantuan pintar dalam menyediakan bantuan atas inisiatif sendiri, bukan
permintaan user.
Pendekatan-pendekatan
Pendukung User
ü
Command
assistance
Mungkin
pendekatan yang umum untuk user support adalah menyediakan bantuan pada level
command, user yang membutuhkan bantuan pada command yang khusus dan ditampilkan
pada layar bantuan atau pada manual page yang menjelaskan tentang command
tersebut.
Contoh
pada UNIX man help dan DOS help command.
Tipe ini sederhana
dan efisien jika user mengetahui apa yang user ingin ketahui dalam mencari
informasi yang lebih detail. Diasumsikan bahwa user mengetahui apa yang dicari.
Pada system computer yang kompleks, ada beberapa perintah yang user ketahui
dengan baik dan dapat menggunakannya dan ada pula beberapa perintah yang jarang
digunakan.
ü
Command
prompts
Menyediakan
bantuan ketika user menemukan kesalahan, biasanya dalam bentuk prompt
perbaikan. Prompt sangat berguna jika kesalahan sederhana misalnya kesalahan
sintaks, tetapi knowledge-pengetahuan dari perintah harus diasumsikan. Bentuk
yang lain dari command prompt adalah penggunaan menu dan icon yang dipilih. Ini
memerlukan bantuan ke memori seperti membuat secara eksplisit perintah2 apa
yang tersedia pada waktu tertentu. Ini diasumsikan juga memerlukan sejumlah
pengetahuan tentang kegunaan perintah sehingga pendukung tambahan masih
diperlukan.
ü
Context-sensitive
help
Berbentuk
menu based system yang menyediakan bantuan pada menu option. Mulai dari yang
memiliki pengetahuan khusus dari user khusus hingga tersedianya kunci bantuan
sederhana yang diinterpretasikan sesuai dengan konteks yang akan dipanggil dan
akan ditampilkan. Contoh perintah help pada editor spy dan bantuan Ballons pada
Macintosh.
ü
On-line
tutorial
Mengijinkan
user bekerja melalui aplikasi dasar dalam lingkungan percobaan. User dapat
melihat kemajuan sesuai dengan kecepatan dan dapat mengulangi bagian dari
tutorial yang diinginkan. User juga dapat merasakan bagaimana aplikasi bekerja
dengan bereksperimen langsung dengan contoh-contoh. Kebanyakan on-line tutorial
tidak pintar karena tidak mempunyai pengetahuan tentang user dan pengalaman
user sebelumnya ataupun domain atau bentuk pembelajaran. On-line tutorial tidak
fleksibel dan sering dilupakan, beberapa akan mengalami kesalahan dalam
memperbaiki jawaban masalah, sederhana karena tidak diformat untuk itu.
ü
On-line
documentation
Membuat
efektif dengan membuat dokumentasi di kertas tersedia di komputer. Ini membuat
materi tersedia terus menerus bersamaan dengan pada saat user bekerja bahkan
sejumlah besar user bekerja secara konkuren. Dokumentasi dibuat untuk
menyediakan deskripsi dari fungsionalitas dan perilaku system secara
sistematik.
0 komentar:
Posting Komentar